Jumat, 27 Mei 2016

KEGIATAN PADA SAAT PEMBELAJARAN TEKNIK JARINGAN AKSES

TEKNIK JARINGAN AKSES (TJA) SMK TELKOM PURWOKERTO

Di Telkom Schools SMK Telkom Purwokerto, ada sebuah jurusan yaitu jurusan Teknik Jaringan Akses atau biasa disebut "TJA". Teknik Jaringan Akses merupakan suatu jurusan dimana kita menggunakan moving class, yang dimaksud moving class disini adalah kita bisa belajar didalam ruangan atau di luar ruangan. Karena, biasanya kita diberi materi oleh Guru, lalau kita praktek di luar rungan. Pembelajaran yang diberikan kepada siswa-siswi TJA merupakan pelajaran yang digunakan untuk kerja lapangan pada saat kita bekerja nantinya. Walaupun pekerjaan lapangan, tetapi dapat diikuti oleh semua siswa, baik perempuan maupun laki-laki. Saya bangga bisa menjadi siswa TJA, karena, di daerah Jawa Tengah hanya ada satu yaitu di SMK Telkom Purwokerto saja. Jadi kita tidak perlu khawatir di dunia kerja, karena jurusan TJA masih sangat langka sehingga penyerapan tenaga kerjanya sangat bagus. Setelah lulu, kita dapat melanjutkan kuliah ke universitas-universitas ternama, dapat juga langsung bekerja. Apabila kita akan langsung bekerja, kita akan langsung diterima di P.T. Telkom Akses, karena kita mempunyai sertifikat TIFO. 

Di setiap tingkatan, materi pembelajaran produktifnya berbeda-beda. Sehingga kita dapat menguasai semua materi mengenai Jaringan Akses. Contohnya di kelas sepuluh, kit akan menerima materi mengenai Fiber Optic (FO). Di materi Fiber Optik, kita akan diajarkan banyak materi mengenai Fiber Optik, baik teori maupun praktek, Ada juga Teknik Kerja Bengkel (TKB), Disitu kita akan diberi pengetahuan tentang berbagai macam hal, yaitu salah satunya mengenai alat-alat kelengkapan, seperti menyolder, dll. Ada juga mata pelajaran Teknik Elektro (TE), disitu kita akan diberi penjelasan materi mengenai elektronika dasar, contohnya seperti bagaimana ara kerja resistor, pengertian resistor, dan masih banyak lagi. Ada juga materi Dioda,Transistor, dll. 

Kita juga ada Praktek Kerja Industri (PRAKERIN). disini kita akan melakukan praktek kerja, atau gambaran saat kita bekerja nanti. Untuk jurusan TJA, biasanya kita akan melakukan PRAKERIN di PT. Telkom Akses, adapun tempatnya, kita bisa memilih dimanapun kita mau. Dan, PT. Telkom Akses tersebar diseluruh Indonesia, dan mereka juga sudah bekerja sama dengan SMK Telkom, sehingga memudahkan kita untuk dapat melakukan praktek kerja disana. Biasanya kita akan melakukan PRAKERIN selama 3 bulan. Karena, waktu 3 bulan itu dianggap sangat efektif untuk melakukan pembelajaran. Di tempat prakerin juga kita akan diajarkan banyak hal, dan kita biasanya diajak langsung oleh pegawai untuk ikut bekerja dengan mereka sehingga pada saat bekerja nanti kita sudah paham dengan apa yang akan kita kerjakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar